Friday, February 26, 2016

Tips cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan cara flashing

Halo sob.. apakabar ? sebelum kita mulai membahas bagaimana cara memperbaiki flashdisk agar bisa kembali normal alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu flashdisk  ?
Flashdisk adalah alat penyimpanan data/file yang berupa NAND. Didalam perangkat ini controller dan memory penyimpan data yang bersifat non-volatile alias tidak akan hilang meskipun tidak terdapat daya listrik. 
Cara memperbaiki flashdisk yang rusak
Flashdisk {source}

Komponen flashdisk levih sederhana dan relative lebih sedikit dibandingkan denga hardisk, hal ini disebabkan karena flashdisk tidak memerlukan piringan, motor, atau part lain yang bekerja secara mekanik.
Baiklah setelah mengenal apa itu flashdisk marilah simak apa yang saya jelaskan di artikel ini bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang rusak ..


MASALAH YANG TELAH SOLVED :
1. Flashdisk tidak bisa diformat.

2. Flashdisk terdetect 0 bytes.



Untuk masalah yang lain silahkan dicoba aja..

buka flashdisk yg bermasalah kemudian lihat tipe IC CONTROLLERnya (jika flashdisk kamu kingstone kemungkinan serinya adalah SSS 6690, SSS 6691, SSS 6677 atau SSS 6686)



    gambar tipe IC (nomor 1) : 



Cara memperbaiki flashdisk yang rusak



setelah mengetahui tipe ICnya download softaware sesuai tipe ICnya disini : DISINI

kemudian lakukan flashing dengan software tersebut.. 



NB: barusan saya test ke flasdisk kingstone 4GB (SSS 6691) ternyata sukses..

Demikianlah artikel tentang cara memperbaiki flashdisk yang rusak dengan cara flashing, selamat mencoba.. bagi kalian punya trik yang berbeda dari saya mungkin bisa dishare disini..

No comments:

Post a Comment