Monday, April 4, 2016

Cara memformat Flashdisk yang tidak bisa diformat dari FAT32 ke NTFS

Halo sob … Kali ini saya akan membagikan informasi cara memformat Flashdisk yang tidak bisa diformat dariFAT32 ke NTFS, anda tidak perlu khawatir akan hal itu saya mempunyai solusinya dan mudah-mudahan bisa membantu anda.

cara memformat Flashdisk yang tidak bisa diformat dari FAT32 ke NTFS
File is too Large {source}

Sebelumnya saya juga pernah mengalami hal seperti ini, dimana pada waktu kemarin ceritanya saya membeli flashdisk baru dengan kapasitas 16gb, rencananya saya mau mengirim Driverpack yang berukuran 10gb ke flashdisk namun pada saat saya akan mengirim Driverpack ternyata gagal dan muncul tulisan The File is too Large for destination file system. Namun setelah saya liat format flashdisk saya ternyata memakai format FAT32 yang dimana memiliki batasan pengcopy-an data sebesar 4GB Single File, tentunya saya harus mengubah format flashdisk saya ke format NTFS agar flashdisk saya bisa menampung pengcopy-an dengan data besar, namun pada saat melakukan format terjadi masalah baru lagi yang dimana flashdisk saya selalu gagal melakukan format.
Untuk solusi seperti ini saya mempunyai trik dan info buat anda yang memiliki masalah yang sama seperti saya. Harap simak baik-baik penjelasan dibawah ini.
Melakukan Format Melalui CMD

cara memformat Flashdisk yang tidak bisa diformat dari FAT32 ke NTFS
Disk Part {source}

- Klik ‘Start’ lalu masukan kata Computer Management di ‘Search program and file’.

- Lanjutkan dengan ketik perintah LIST DISK, lalu tekan enter.

- Kemudian Ketik SELECT DISK yang sesuai dengan Flashdisk anda contoh jika flashdisk anda di partisi 1 maka ketik SELECT DISK 1, lalu enter.

- Lanjutkan dengan ketik perintah CLEAN, Lalu enter.

- Ketikkan perintah SELECT PARTITION 1, lalu enter.

- Kemudian ketik perintah ACTIVE, lalu enter.

- Lanjut dengan ketik FORMAT FS=NTFS. Lalu enter dan tunggu sampai proses 100% selesai.

- Langkah selanjutnya ketik ASSIGN.

Dan selamat flashdisk anda sudah selesai menjadi format NTFS..

Tetapi jika masih gagal setelah melakukan proses yang di atas maka anda coba menggunakan aplikasi HP USB Disk Storage Format tool.

Melakukan Format Menggunakan Aplikasi HP USB Disk Storage Format Tool

cara memformat Flashdisk yang tidak bisa diformat dari FAT32 ke NTFS
HP USB {source}

- Pertama download dulu HP USB Storage Format Tool.

- Jika sudah anda download lalu klik kanan pada aplikasi HP USB Storage, Kemudian Klik pada kata Run as Administator

- Pilih device sesuai dengan flashdisk yang akan anda format

- Lalu pilih ‘File System’ dengan NTFS.

- Lalu isi ‘Volume Label’ dengan kata terserah anda.

- Kemudian Pada ‘Format Options’ pilih Quick Format.

- Kemudian start dan tunggu sampai proses selesai.

- Selamat flashdisk anda sudah menjadi format NTFS.

Selamat mencoba dan semoga berhasil SOB…


2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aduh...flash jdi hilang...gak kebaca nii...gimana caranya

    ReplyDelete